Pages

Tuesday, September 23, 2014

[Meme] Dare To Say # 01


Pertama kalinya nih ikutan Meme dari Book Admirer. Nemu meme ini di blognya Ren jadi pengen ikutan. Meme yang ku maksud adalah Dare To Say, yaitu meme dimana kita berbagi buku yang overrated maupun underrated. Pas banget buat ku yang kalau ngasih rating itu pasti tergantung 3 situasi :

1. Lihat pengarangnya. Kalau pengarangnya penulis favorit aku, pasti ratingnya ngga akan kurang dari tiga. Emang dasar kebiasaan jelek. ._. Terus kalo penulisnya baru aku kenal, nah baru deh aku objektif. Aku tahu subjektif itu kebiasaan jelek, udah aku sebut kan tadi.

2. Ending buku. Sebenernya nggak masalah mau endingnya sad atau happy, tapi kenapa ending buku yang ku baca menentukan rating adalah karena kesan ending itu sendiri. Kebiasaan jelek ku yang lain ini sebetulnya, karena kalau kesan ending itu biasa aja malah cenderung bikin benci, pasti ratingnya aku rendahin, seberapa bagusnya pun awal dan pertengahan bukunya. Eits, aku punya pembelaan! Kan akhir dari sebuah buku itu adalah hal paling pertama yang kita ingat kalau mereplay kesan-kesan kita terhadap buku, dan kalau bikin review pasti yang masih fresh di ingatan endingnya dong, bukan awal. Nah jadi biarpun kebiasaan buruk, aku ngga begitu merasa bersalah, hhe.

3. Karakter. Udah biasa lah ya menilai sebuah buku dari karakternya. Tapi selain karakter, kita juga harusnya menilai sebuah buku dari segi cerita, alur, dsb. Tapi aku nih ya, kalau karakternya lucu dan sebagainya, kebanyakan buku ini aku kasih rating min. 4. Tapi kalau karakternya nyebelin, atau banyak f-word bertebaran, sudah bisa dipastikan ratingnya 2. Iyakan? siapa coba yang mau ngasih rating 5 kalo karakternya minta dibunuh? :p

Nah, itu tuh cara aku ngasih rating. Dan jujur ya, kalau misalnya aku ngeliat lagi buku-buku yang udah aku ratingin, kadang-kadang aku merasa, apa ngga terlalu berlebihan ya? Sayangnya lagi, buku overrated yang akan aku share ini buku karangan penulis favorit ku. Huhuhu.

Rate Awal 5 bintang
Rate Akhir 3 bintang



Fight For Love by Orizuka

Kenapa aku kasih 5 bintang, alasannya : Penulisnya Orizuka (my fav author), karakternya perempuannya pekerja keras, bukunya lucu, karakter laki-lakinya ganteng (padahal buku, kok bilang ganteng/?) Tapi setelah aku teliti lagi, interaksi antar karakternya kurang, terus sejarah lama -bisa dibilang buruk- malah diulang, bukannya belajar dari sejarah gitu. Terus, romancenya juga ngga dapet!. Jadi dengan amat terpaksa aku turunkan ratingnya jadi tiga. Karena 4 bintangpun masih terlalu banyak menurutku. T.T

Nah itu dia salah satu buku overrated ku. Kalau ada yang mau ikutan lagi bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini :

- Follow Book-admirer atau tambahkan di blogroll kamu. Bisa juga follow lewat email
-Buat posting tentang buku yang kamu baca dan ternyata tidak sesuai dugaan, harapan, rating GR, rekomendasi teman, baik lebih bagus atau lebih jelek. Kasih tau apa yang awalnya kamu harapkan (rating awal) dan apa yang kamu dapatkan (rating akhir). Underrated or overrated? :D
-Oh ya, boleh juga kok kalau kamu mau share pengalaman kamu tentang komen yang muncul soal buku yang udah kamu baca/review. Banyak yang menganggap kamu menilai suatu buku terlalu rendah/tinggi? Silahkan sampaikan pembelaanmu dengan baik :P
-Masukkan link postingan kamu ke Mr.Linky yang sudah disediakan di akhir post. Kalau mau, boleh tambahkan button ‘Dare to Say’ juga di postinganmu :D
-Posting dilakukan setiap tanggal 23. Tapi, Mr. Linky akan dibuka sampai dengan tanggal 22 bulan berikutnya. Jadi, waktu posting tetap satu bulan :D
-Penasaran pengen baca pengakuan para pembaca buku, kan? Rajin-rajin ya, berkunjung ke sesama peserta! ;)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...