Pages

Friday, March 6, 2015

[Review] Deep Blue by Jennifer Donnelly

Title: Deep Blue
Author: Jennifer Donnelly
Series: Waterfire Saga #1
Publisher: Disney Press
Published: May 2014
Pages: 340
ISBN: 9781423133162



The first in a series of four epic tales set in the depths of the ocean, where six mermaids seek to protect and save their hidden world.

Deep in the ocean, in a world not so different from our own, live the merpeople. Their communities are spread throughout the oceans, seas, and freshwaters all over the globe.

When Serafina, a mermaid of the Mediterranean Sea, awakens on the morning of her betrothal, her biggest worry should be winning the love of handsome Prince Mahdi. And yet Sera finds herself haunted by strange dreams that foretell the return of an ancient evil. Her dark premonitions are confirmed when an assassin's arrow poisons Sera's mother. Now, Serafina must embark on a quest to find the assassin's master and prevent a war between the Mer nations. Led only by her shadowy dreams, Sera searches for five other mermaid heroines who are scattered across the six seas. Together, they will form an unbreakable bond of sisterhood and uncover a conspiracy that threatens their world's very existence.



Deep in the black mountains, deep in the Romanian night, deep beneath the cold, dark waters of the ancient Olt, the river witches sang.

Buku ini dimulai dengan mimpi Serafina tentang seseorang yang dipercaya hanya berupa mitos, Iele (bukan lele loh ya, i-ye-le), duyung penyihir. Ia menceritakan mimpinya ke ibunya, Isabel, ratu di kerajaan Miromara, tapi ibunya mengggap itu hanya hasil dari perasaan gugup Serafina di hari pertunangannya. Serafina yang juga tidak begitu percaya mitos mau tak mau setuju dengan ibunya. Tapi salah satu Vatrina, jiwa yang terjebak di dalam cermin, berkata padanya dengan amat ketakutan. “Someone is in here with us, Principessa,” she whispered, looking over her shoulder. “Someone who doesn’t belong.”

Ketika hari pertunangannya berubah menjadi pertumpahan darah, Serafina dan sahabatnya Neela dipaksa untuk terus berenang menjauh dari Cerulea, dan dari Traho, pria gila yang percaya akan mitos. Mitos, mimpi yang dialami Serafina, panggilan Baba Vrăja, Iele para duyung penyihir, benarkah hanya mitos jika Neela juga mengalami mimpi yang sama? Bagaimana mungkin seseorang menghancurkan satu kerajaan hanya karena mimpi yang dialami putri-putri raja?


The dream will die, a nightmare rise,
Sleep no more, child, open your eyes.

Hanya berdasarkan mimpi, Serafina dan Neela memulai perjalanan mencari Iele dan Baba Vrăja. Mereka mencari kebenaran dan alasan dibalik mimpi-mimpi mereka, dan yang lebih penting dari semuanya, takdir yang sedang menunggu kedatangan mereka.

Come to us from seas and rivers,Become one mind, one heart, one bond.Before the waters, and all creatures in them,Are laid to waste by Abbadon!

Satu hal yang selalu bikin pusing kalau baca novel fantasi itu, nama-namanya. Bukan nama tokohnya, tapi nama tempatnya, julukan-julukannya, dan bahasanya. Dibuku ini ada bahasa latin, portugis, itali, bahkan bahasa catfish. Ada terjemahannya sih, tapi kan bacanya tetep aja belibet. Shokoreth…Amăgitor…Apateón…, hayo gimana cara bacanya coba? Itu tiga bahasa loh.

Dan karena temanya juga tentang duyung, agak susah membayangkan mereka berenang dari tempat ke tempat, selalu aja yang kebayang itu mereka lagi jalan atau lari dsb :p Tapi seiring halaman yang bertambah, lama-lama terbiasa kok. Juga bagian Serafina menyanyikan Dokimi dan tesnya itu mendebarkan banget. Ketika dia menceritakan sejarah Atlantis dan kehancurannnya. Ketika dia menceritakan bahwa leluhurnya Merrow lah yang membangun kembali kerajaan Atlantis dibawah laut. Wauw. I really wish Disney would make the cartoon adaptation for this book.

src

Terus beberapa hal yang bikin aku agak-agak kecewa waktu baca buku itu, ngga bisa denger nyanyiannya :'( Jadi duyung itu bisa sihir, tapi mereka tidak hanya mengucapkan mantra semacam hocus focus atau expelliarmus, mereka menyanyikannya.

Whirl around me
Like a gyre,
This I ask you,
Ancient fire.

Anyway, sebagai buku pembuka seri Waterfire, pembaca juga hanya diberikan akar masalah dari keseluruhan seri, the beginning of it all, sejarahnya. Dan aku mungkin belum pernah baca The Lord of The Rings atau belum selesai melahap semua buku di seri Harry Potter, tapi aku yakin feeling yang diberikan buku ini mirip dengan kedua seri fantasi tadi.

* COYER Winter 2014-2015
* NARC 2015 | Series Addict
* New To You RC 2015 | Author
* Color Coded RC | Blue



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...