Pages

Thursday, November 27, 2014

[Review] The Giver by Lois Lowry

Newberry Medal Winner - 1994
Judul : The Giver - Sang Pemberi
Pengarang : Lois Lowry
Penerjemah : Ariyantri E. Tarman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tanggal Terbit : 18 Agustus 2014
Tebal : 232 hal
ISBN : 9786020306681

Dunia Jonas adalah dunia yang sempurna. Semuanya terkendali dan teratus. Tak ada perang, ketakutan, atau kesakitan. Juga tak ada yang namanya pilihan. Semua orang memiliki peran di Komunitas. Saat Jonas menjadi Dua Belas, dia terpilih menerima ingatan khusus dari Sang Pemberi.

Selama ini Sang Pemberi memegang ingatan akan rasa sakit sejati dan kenikmatan hidup. Sekarang saatnya bagi Jonas untuk menerima kebenaran. Dan tak ada jalan untuk kembali.

Saat itu menjelang Desember, dan Jonas mulai merasa takut...



---
Beli buku ini sebenarnya cuma karena penasaran aja, banyak banget gitu blogger yang tiba-tiba, hampir bersamaan bikin review The Giver. Terus agak kaget juga sih waktu beli, tipis banget, lebih tipis dari buku teenlit, meskipun ngga setipis Sebelas Patriotnya Andrea Hirata -yang sampai saat ini belum dipulangin sama anaknya kakaknya ibunya tetanggaku-.

Oh, iya, berhubung ada posbar dari BBI untuk buku newberry dan berhubung The Giver salah satunya (cuma beberapa yang diterjemahin ke Indonesia), dibacalah tuh buku.

Awalnya lumayan kaget, sejarah buku dystopian yang pernah ku baca ngga ada yang kayak gini. Aku juga tadinya mikir buku ini tentang komunis, berhubung nama koloninya Komunitas. Ternyata jauh berbeda. Di setiap Komunitas terdapat peraturan, yang mengharuskan setiap orang untuk mematuhinya, jika tidak, akan kenakan sanksi tentunya, dan jika tiga kali melanggar peraturan utama maka akan dilepaskan.

Semua hal dikomunitas dibuat serupa, semua orang mendapat jatah yang sama dalam makanan, jatah yang sama dalam mempunyai anak, jatah yang sama dalam segala hal. Dikomunitas, terdapat aturan mengenai usia, bukan usia asli, tapi lebih ke arah kelas. Kelas Satu, Dua, Tiga, sampai Dua Belas. Kelas yang ku maksud bukan kasta, tapi hanya untuk membedakan golongan dari anak-anak hingga dewasa. Setiap anak akan naik kelas pertahun dan setiap bertambah kelas mereka akan mendapat hak istimewa yang hanya didapat di kelas itu. Misalnya, Sembilan mendapat sepeda, Delapan mendapat jaket berkancing depan dan berkantong (jadi inget bapaknya ikal dan baju safarinya). Kenaikan kelas menandakan mereka mulai beranjak dewasa, sampai akhirnya kelas Dua Belas. Dua Belas akan diberikan penugasan atau pekerjaan di komunitas yang dipilih oleh komite tetua. Dua Belas yang sudah ditugaskan akan memulai pelatihan mereka sampai mereka lulus sekolah utama dan pelatihan, kemudian baru bekerja dengan sungguh-sungguh. Masa ini lah yang disebut kedewasaan. Setelah membentuk unit keluarga di masa dewasa, dan setelah anak-anak mereka telah mencapai kedewasaan, mereka kemudian tinggal di Rumah Dewasa Tak Beranak (aku agak lupa namanya) sampai mereka dipindahkan ke Rumah Lansia, setelah beberapa waktu baru mereka dilepaskan.

Aku dari tadi ngomong dilepaskan, maksudnya apa sih? Mungkin harus dibaca bukunya, berhubung hal inilah yang bikin aku shock setengah mati.

Jonas saat ini Sebelas dan sebentar lagi ia akan mengikuti upacara Dua Belas. Tapi tak ada yang menduga bahwa nama Jonas akan dilewatkan di upacara. Jonas ternyata mendapat penugasan khusus, yaitu menjadi Penerima yang akan dilatih oleh Sang Pemberi. Dari Sang Pemberi, Jonas mendapat banyak pengalaman, pengetahuan, dan perasaan yang tak pernah ia tahu ada. Dan Jonas serta Sang Pemberi ingin mulai merubah komunitas. Tentu, Komunitas adalah tempat yang sempurna, semuanya teratur, semuanya disiplin, semuanya sopan, tapi semuanya juga tidak memiliki perasaan yang sesungguhnya. Ada hal yang diambil oleh setiap pil yang diminum warga. Dan Jonas bertekad untuk merubah segalanya.

Ada hal yang mengganjal waktu selesai baca buku ini, oke banyak hal yang mengganjal, dan malah banyak pertanyaan yang muncul dibanding jawaban. Mungkin memang Lowry inginnya seperti itu, tapi KURANG!. Aku mau tahu apa yang terjadi di Komunitas, apa yang terjadi selanjutnya dengan Jonas dan Gabe dan Pemberi. Aku mau tahu sebenarnya settingnya itu tahun kapan? Kenapa bisa ada Komunitas? Di mana sebenarnya Komunitas itu berada? Ada berapa banyak Komunitas yang terbentuk? Apa yang terjadi dengan negara-negara lain? Kenapa malah mandeg di tengah jalan?!

Oh iya, ada yang tahu kapan buku keduanya terbit? Please don't tell me that it will launch just before the second movie out. {}

Secara keseluruhan, buku ini bagus, Lowry menempatkan karakter dan plotnya sangat pas. Dan twist endingnya juga keren meskipun aku ingin lebih tapi well, that's the point right? Twist. Karena karakternya abu-abu, aku tidak mengharapkan pengembangan karakter yang gimana-gimana. Dan I am sorry for your lost The Giver :(


Posbar BBI Nov'14 : Newberry & Honor Books

2 comments:

  1. Iya, tentang dilepaskan itu, aku sempat terhenyak juga

    ReplyDelete
  2. Iya kan, aku curiga kalo emang ada yg aneh tentang pelepasan itu, tapi aku ngga nyangka kalau ternyata... dan ayah jonas sendiri yang melakukannya.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...