Pages

Monday, August 18, 2014

[Review] High School Paradise by Orizuka

Judul : High School Paradise
Penulis : Orizuka
Penerbit : Puspa Swara
Tanggal Terbit : 2012 (Republished)
No. ISBN : 978-602-8287-76-0
Harga : Rp 32,000

SMA Athens memang sekolah elite. Tapi masih ada satu yang kurang. Athens nggak punya ekskul sepakbola. Ini yang membuat Lando, Rama, Sin, dan Cokie selama dua tahun selalu datang terlambat. Emoat siswa paling top dan keren di Athens itu protes. Ynag diprotes, siapa lagi kalau bukan guru olahraga mereka yang terkenal galak. Godzilla, eh Gozali sebenarnya. Berhasil? Ternyata, tidak. Hukuman Gozali malah semakin berat dari hari ke hari dan benar-benar membuat mereka harus tebal muka. Belum lagi mereka punya satu tugas, yaitu menyelamatkan Julia agar bisa masuk kelas khusus. Berhasilkah mereka mendirikan ekskul bola dan menyelamatkan Julia? Langsung saja baca cerita selengkapnya.

---

Lando, Rama, Sid, dan Cokie telah bersahabat semenjak mereka masih SMP. Dan salah satu hal yang menyatukan mereka adalah sepakbola. Ketika mendaftar ke sekolah elite Athens, mereka sama sekali tidak sadar bahwa di sekolah itu sepakbola adalah terlarang sampai semuanya sudah terlambat. Guru olahraga mereka Gozali menentang keras olahraga ini dimainkan di lingkungan sekolah, jadi mana mungkin ada klub bola?

Tapi keempat cowok tampan ini tidak menyerah. Mereka melakukan aksi protes terhadap Pak Gozali dengan selalu datang terlambat setiap hari. Yang membuat mereka selalu kelelahan ketika masuk kelas akibat hukuman-hukuman Pak Gozali yang biasanya lari keliling lapangan.

Namun, fokus mereka harus dipindah untuk sementara. Karena ada Julia. Cewek biasa-biasa saja yang kekeuh mau masuk kelas khusus agar mendapat beasiswa. Julia yang tadinya tak perlu memikirkan apapun di kehidupan remajanya selain bersenang-senang, harus mulai memikirkan semuanya ketika perusahaan ayahnya bangkrut. Malam-malam Julia yang biasanya santai harus di isi dengan pelajaran yang dulu ia acuhkan.

Ketika Julia hampir saja menyerah, Sid, cowok paling imut di fantastic four memberikan Julia solusi yang dapat memecahkan semua masalahnya. Semenjak itulah Julia dan temannya Aida selalu terlihat bersama keempat cowok paling populer di Athens.

Tak sampai disitu saja. Ada fakta mengejutkan tentang Pak Gozali yang baru-baru ini mereka ketahui. Serta fakta mengejutkan lagi yang harus diterima Sid, atau tidak.

Keempat cowok yang selalu menduduki peringkat teratas di sekolahnya berniat tak akan menyerah. Tapi jika kedua pihak tak ada yang ingin mengalah, lalu siapa yang kira-kira akan menang?

---

It’s surprisingly funny. In the beginning.
Mari kita perkenalkan satu persatu tokoh-tokoh utama kita.

Lando, cuek dan agak ringan tangan. But unexpectedly shy. Kelebihannya matematika. Mengajar paruh waktu. Dan punya masalah kelam di keluarganya. Kisah Lando hanya dibahas sekilas. Anak broken home.
Rama, ramah dan murah senyum. Punya cafe. Kelebihannya fisika. Keluarganya kaya dan baik-baik saja.
Cokie. A born player. Kebanggaannya adalah bisa mengingat nama semua cewek yang dikencaninya dan tak pernah sekalipun salah panggil. Keluarganya kaya dan sepertinya baik-baik saja.

Sid. The cutest boy in fantastic four. Dan jelas-jelas tidak suka dipanggil imut. Yang paling ceria dan bawel diantara ketiga sohibnya. Punya ibu artis yang single parent dan impulsif, and childish appareantly. Agak lebay. Dan gampang ngamuk.

Yak, itulah F4 Athens.

Yang paling banyak dibahas di sini adalah keluarga Sid. Lando dibahas sedikit. Dan keluarga Rama dan Cokie tidak sama sekali.

Sid dan Julia mengingatkan saya pada Otani dan Riiko yang tidak pernah akur di Lovely Complex. Bener-bener mirip. Selalu ribut. Tapi malah jadi yang paling dekat.

Tidak ada romantis-romantisnya di buku ini. Jelas tidak bisa dikategorikan romance. Ada OTP yang saya dukung tapi malah nggak berkembang. Mengecewakan.

Buku ini awalnya lucu, lama-lama ngga terlalu. Terus juga Sidnya agak berlebihan dalam menyikapi sesuatu, atau bereaksi terhadap sesuatu. Tapi keluarga Julia lucu, apalagi adiknya.

Dan saya paling suka persahabatan keempat cowok ini. Biarpun sering bertengkar (Lando dan Sid) tapi mereka tetep akur lagi. Yah, namanya juga cowok.

Empat lily plus kupu-kupunya buat seri pertama High School Paradise. Lumayan buat baca sore-sore.



My favorite karakter : Julia

Quote :
"Kalian tahu, harus ada pengorbanan dari salah satu pihak. Kalau kayak gini, yang ada cuma dendam. Padahal kalian tahu itu bukan salah siapa-siapa." -Julia

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...