Pages

Friday, August 22, 2014

[Review] Simple Thinking About Blood Type by Park Dong Seon

19374775
Judul : Simple Thinking About Blood Type
Penulis : Park Dong Seon
Penerbit : Penerbit Haru
Penerjemah : Achie Linda
Tanggal Terbit : Desember 2013
Jumlah Halaman : 262 hal
No. ISBN : 9786027742253
Harga : Rp 58,000

Tahu ngga sih kalau orang bergolongan darah A itu orang-orang yang halus, tapi kaku dab taat pada peraturan? Atau tahukah kamu kalau golongan darah B itu orang-orang yang kreatif dan bebas?

Apa jadinya kalau mereka disatukan? Jangan-jangan bisa terjadi pertengkaran!


Ternyata, selain perbedaan jenis kelamin, tempat tinggal, dan kondisi ekonomi, golongan darah juga bisa menentukan perbedaan sifat kita, lho.

Meski sifat seseorang tidak hanya bisa dilihat dari golongan darahnya, semoga komik Simple Thinking about Blood Type ini bisa menghibur, sekaligus sedikit membantu kamu untuk memahami orang lain, ya!

---

Err, saya merasa tertipu! Saya pikir ini novel! Setelah banyak orang yang bilang buku ini bagus, saya langsung saja samber waktu penerbit haru mengadakan diskon 30%. Jadi saya beli juga sekalian 2 buku. Eh, setelah penelusuran lebih lanjut, ternyata selain ini bukan novel, tapi ini nonfiksi dan komik!

Jadi dalam komik ini ada 4 sekawan yang bisa di identifikasi sebagai pria yang memiliki golongan darah yang berbeda-beda. 4 pria ini tidak terlihat wajahnya dikarenakan mereka memakai topeng sesuai golongan darah masing-masing. Jadi kita sebagai pembaca di berikan wawasan tentang golongan darah berdasarkan tingkah laku ke empat pria ini.

Si A yang prepare. Si B yang selaw. Si O yang suka menunda-nunda. Dan AB yang congkak. Bukan hanya tingkah laku mereka berempat yang ada dalam buku ini. Tapi diperlihatkan juga bagaimana cinta mereka akan berakhir (kira-kira) jika si wanita bergolongan darah ’ini’ dan si pria bergolongan darah ’itu’. Kemungkinan-kemungkinan yang terjadi ketika orang-orang yang berbeda golongan darah disatukan dalam satu ruangan.

Lalu entah karena kehabisan bahan atau apa, second half buku ini kemudian menganalisis golongan darah para panglima Korea terdahulu. Dan terakhir sekaligus penutup , yaitu berlembar-lembar diary penulis yang berbentuk komik tentang kehidupannya yang tidak ada hubungannya dengan golongan darah.

First half bukunya bagus, saya jadi tahu karakter umum orang bergolongan darah tertentu. Meskipun tidak bisa sepenuhnya menjadi acuan, karena anehnya saya yang bergolongan darah O ternyata memiliki beberapa sifat B dan AB, mungkin karena ibu saya yang B? Jadi sifatnya menurun?

Kemudian sodara-sodara, tidak diperkenankan untuk menjudge seseorang hanya berdasarkan golongan darahnya saja. Karena kepribadian seseorang itu terbentuk atas beberapa faktor. Misalnya lingkungan, pendidikan, orang tua, teman sepermainan, dan lain sebagainya. Jadi tidaklah sopan ketika kamu bertemu seseorang dan langsung bertanya "kamu golongan darahnya apa?" atau yang lebih buruk "kamu golongan darahnya bukan O kan?".

Kita semua punya banyak perbedaan, saya yakin itu. Perbedaan golongan darah hanya satu dari sekian banyak hal. Tapi justru perbedaan itulah yang menyatukan kita. Bahkan Squidward saja bosan tinggal di tempat yang semua orang serta rumahnya mirip dan terus menjalani kehidupan monoton. Bahkan Squidward pun membutuhkan Spongebob dan Patrick untuk ikut mewarnai lukis kehidupannya. Meskipun ada seseorang yang kalian benci, kalian seharusnya juga bersyukur masih punya pelampiasan jika sedang kesal. Dan bersyukur masih karena berkat orang yang kalian tidak suka itu, rasa persaingan dalam diri kalian semakin besar, menjadikan hidup kalian membara laksana neraka.

Oke, cukup ngelanturnya. Seperti yang saya bilang, first halfnya bagus meskipun ada beberapa yang belum bisa saya pahami. Tapi ketika masuk ke analysis golongan darah jendral, saya mulai bosan. Dan lebih tidak suka lagi ketika muncul K-toon K-toon diary Park Dong Seon. Menurut saya tidak ada hubungannya, pertama. Tidak jelas, kedua. Dan tidak nyambung, ketiga.



Oh iya, saya mau kasih sedikit cuplikan dari yang paling saya anggap lucu.
Enjoy ~




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...